Senin, 15 Mei 2017

MAKANAN SEHAT UNTUK ANAK


  Anak-anak membutuhkan nutrisi yang cukup agar bisa tumbuh dan berkembang dengan sehat. Oleh karena itu, anak-anak harus secara teratur makan-makanan yang kaya vitamin, mineral dan nutrisi lainnya. Selain itu, anak-anak juga harus menghindari makanan olahan dan makanan ringan yang terlalu banyak gula, karena hal ini bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh mereka dan berpengaruh buruk terhadap kesehatan.
Gizi makanan untuk anak-anak berbeda dengan orang dewasa. Anak-anak membutuhkan banyak kalori namun sedikit nutrisi untuk tumbuh dengan baik, namun diet rendah lemak dianjurkan baik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Sementara itu balita membutuhkan diet yang mengandung jumlah lemak yang baik.

Makanan sehat Paling Bergizi untuk anak-anak

   Makanan bergizi sering dikaitkan dengan buah-buahan, tetapi ada varietas makanan lain yang bergizi yang sehat dan bermanfaat bagi kesehatan anak-anak. Ikan dan kacang-kacangan mengandung protein tanpa lemak, merupakan sumber nutrisi yang ideal bagi anak-anak. Kalsium diperlukan bagi kesehatan tulang dan gigi, yang bisa diperoleh dari produk susu, seperti susu dan keju. Seluruh biji-bijian yang ditemukan dalam roti dan sereal juga merupakan sumber kaya serat yang bermanfaat.

 Berikut ini adalah beberapa makanan bergizi untuk anak-anak :

v Ubi Jalar


    Ubi jalar merupakan tamanan jenis umbi – umbian yang sering kita lihat di sekitar kita. Ubi jalar sangat baik bagi si kecil, di dalam kandungan ubi mengandung  :

·       Kalori yang tinggi
·       Sumber zat besi
·       Kaya akan vitamin D
·       Meningkatkan sistem imun


v Wortel


     Wortel benar-benar aman untuk diperkenalkan sebagai MPASI bayi Anda. Bahkan, wortel merupakan salah satu sayuran pertama yang diberikan kepada bayi saat baru memulai makan-makanan padat. Nutrisi yang terdapat dalam wortel membuat nya menjadi makanan yang ideal untuk makanan padat pertama bayi.
Berikut manfaat wortel bagi anak – anak :

·       Sumber vitamin dan mineral terbaik
·       Membantu melancarkan pencernaan
·       Membantu mengobati diare
·       Membantu mengatasi cacingan

v Alpukat


    Masa anak-anak membutuhkan perhatian lebih, karena pada masa itu mereka mengalami pertumbuhan dan perkembangan sel-sel yang begitu pesat, sehingga dibutuhkan asupan makanan bergizi untuk menunjang pertumbuhannya. Tambahan makanan, seperti buah-buahan, terutama alpukat ternyata memiliki kandungan yang baik untuk mendukung pertumbuhan anak.
Alpukat mengandung vitamin B kompleks yang meningkatkan kesehatan sel dan perkembangan jaringan. Kandungan sebuah alpukat dapat berupa lutein, magnesium, riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), vitamin B5, vitamin K, vitamin C, vitamin E, kalium, dan zat besi.

v Tahu


    Kandungan kalsium pada tahu serta protein yang tinggi membuat tahu menjadi salah satu makanan yang baik bagi anak untuk perkembangan dan pertumbuhannya. Tahu bisa diolah dengan beraneka ragam dan menarik sehinggan membuat buah hati anda ingin mencobanya.

v Yoghurt


    Selain baik untuk dikonsumsi oleh orang dewasa dan orang tua, ternyata yogurt salah satu makanan yang baik untuk bayi serta anak-anak. Kadang, tidak semua anak dapat langsung mengkonsumsi yogurt. Anak-anak yang memiliki alergi terhadap protein susu sebaiknya menunda konsumsi yogurt hingga usianya melebihi 1 tahun. Anak-anak sangat direkomendasukan untuk mengkonsumsi yogurt karena dapat mengobati eksim. Bakteri baik yang terkandung di dalam yogurt berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun, khasiat yogurt tak sampai di situ saja. Berikut khasiat lain yang bisa dinikmati dari yogurt:

·       Terpenuhinya Kebutuhan Kalsium Anak
·       Kombinasi Rasa
·       Kaya Probiotik
·       Tinggi Protein

v Mangga


   Selain sayuran, bunda wajib memberi si kecil buah – buahan karena buah banyak mengandung vitamin. Salah satu buah yang saat ini banyak diberikan untuk si kecil yaitu buah mangga. Benar saja, buah mangga memang sangat baik karena manfaat buat mangga untuk si kecil sangat banyak.


v Susu



   Susu yang mengandung protein, kalsium, dan vitamin D menjadi asupan penting bagi si buah hati. Meskipun kalsium bisa didapat dari makanan lain, seperti sayuran hijau, daging, dan ikan, hanya saja susu memiliki jumlah yang paling banyak.
ada 5 hal yang harus Anda ketahui tentang manfaat susu untuk anak Anda.
Berikut 5 manfaat susu untuk si kecil :

·       Perkembangan syaraf otak.
·       Tulang kuat
·       Gigi sehat
·       Mencegah dehidrasi
·       Meningkatkan energy

v Salmon



   ikan salmon yang merupakan makanan laut yang kaya akan manfaat dan baik untuk perkembangan anak.Sebagai makanan laut yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi, banyak manfaat ikan salmon yang berguna untuk anak dan menjadikan anak tumbuh besar dan sehat.
Berikut adalah manfaat dari ikan salmon untuk anak :

·       Mencerdaskan Otak Anak
·       Membantu Memaksimalkan Penglihatan Mata Bayi
·       Mencegah Resiko Jantung Pada Anak
·       Meminimalisir Resiko Penyakit Kulit Pada Anak



Tidak ada komentar:

Posting Komentar