Rabu, 15 Maret 2017

MENU MAKAN SEHAT UNTUK ANAK



 
    Makanan yang sehat dan bergizi tinggi merupakan asupan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia baik dari usia balita sampai manula.
Makanan sehat tersebut bukan harus mahal atau yang aneh-aneh, faktanya makanan sehat juga ada yang sangat mudah didapat di sekitar kita.
Memilih makanan yang sehat bagi tubuh memang tidak mudah, belum lagi jika makanan yang jadi pantangan adalah salah satu makanan favorit. Makanan sehat sangat penting bagi kesehatan, tidak hanya untuk orang yang menjalani program diet. Dari artikel yang membahas penyebab penyakir asam urat, kolesterol dan jantung, umumnya penyebabnya bersumber dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari.



Apa saja gizi makanan yang sehat?


Sumber makanan yang mengandung protein, karbohidrat, zat besi dan lemak semuanya bermanfaat bagi tubuh. Catatan bagi Anda adalah bagaimana mengatur pola makan, kombinasi makanan dan rutin berolah raga. Makanan yang masuk ke dalam tubuh akan menghasilkan sisa metabolisme yang harus segera dikeluarkan, cara mudahnya melalui keringat. Inilah alasan mengapa kita dianjurkan berolah raga agar racun sisa metabolisme tubuh segera dikeluarkan.
Mengapa menu makanan penting ?
Untuk menjaga kebugaran tubuh setelah beraktivitas seharian, dibutuhkan berbagai jenis makanan sehat agar tubuh tetap fit dan sehat.
Makanan sehat adalah makanan yang memenuhi unsur kebutuhan gizi dan energi bagi tubuh. Contoh menu makanan sehat sehari-hari yang dapat bermanfaat bagi tubuh sangat penting untuk kita ketahui. Berikut adalah contoh menu makanan sehat yang bisa Anda siapkan sebagai menu harian anda.

Menu Makanan Sehat Yang Mengandung Protein

Contoh menu makanan sehat yang paling utama tentu harus mengandung protein, zat ini sangat penting untuk membantu tubuh dalam mejaga energi dalam beraktivitas sehari hari.

Jenis Sayuran

o   Buncis hitam, merah dan pinto                      
o   kacang polong
o   Edamame
o   kedelai
o   kacang almond

Ikan dan seafood

o   Ikan kaya omega 3 seperti tuna, makarel, sarden dan salmon.
o   kepiting, lobster, udang, kerang dan tiram.

Unggas tanpa kulit

o   Daging ayam
o   Daging kalkun

Daging

o   Kerbau, unta, kelinci, rusa
o   Angsa, burung


Menu Makanan Sehat Dengan Buah – Buahan











Dengan memakan buah-buahan dan sayuran setiap hari dapat mengurangi resiko kanker, kardiovaskular dan alergi. Makan sayur-sayuran organik dapat menjaga diet karena kandungannya lebih seimbang dan banyak mengandung mineral.

Tips Sehat Mengonsumsi Buah :

o Penyajian buah dan sayuran baiknya harus dicuci bersih dari zat kimia.
o Hindari mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang mengadung asam tinggi seperti nanas, ubi, dan sayuran kol.
o  Hindari buah import (kebanyakan telah diawetkan)
o Hindari buah yang kemungkinan besar disuntik dengan zat kimia (pewarna dan pemanis)


Menu Makanan sehat dapat dinikmati dengan dua cara dan dicatat yakni mengatur porsi makanan dan membatasi jenis asupan gizi untuk anak.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar