Jumat, 17 Maret 2017

POLA HIDUP SEHAT UNTUK ANAK


     Menjaga kesehatan anak merupakan hal yang selalu menjadi perhatian orang tua, khususnya untuk para ibu.
Sebuah pola hidup sehat akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik begitu juga dengan anak anda. Mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik akan mempengaruhi kualitas kehidupan yang lebih baik juga. Dengan kata lain daya tahan tubuh anak yang baik akan mempengaruhi pertumbuhan fisik yang optimal selama pertumbuhan dan perkembanggannya. Anak-anak dapat memiliki konsentrasi yang baik, memiliki pemahaman mata pelajaran, sehingga berdampak pada prestasi akademik.


Contoh Pola Hidup Sehat Untuk Anak :


o   Terapkan Pola Hidup Bersih

   Biasakan anak dengan pola hidup bersih sehari-hari. Misalnya, membiasakan anak untuk mencuci tangan mereka sebelum makan, mandi setiap hari pagi dan sore.
Biasakan dengan menerapkan pola hidup yang bersih dimulai usia balita sehingga menjadi kebiasaan yang baik.

o   Menciptakan Lingkungan Yang Sehat

   Lingkungan anak anda dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuhnya. Rumah yang sehat jauh dari sumber pencemaran limbah, air limbah, pabrik asap, dan sebagainya. Lingkungan yang bersih dan sehat untuk meminimalkan keberadaan bakteri dan kuman yang dapat menyerang anak. Selain itu kebersihan di kamar anak anda sangat penting diperhatikan.

o   Asupan makanan Dengan Gizi Seimbang

   Komposisi gizi dari mulai karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Hal yang harus anda perhatikan setiap keamanan jenis makanan ataupun minuman yang dikonsumsi oleh anak-anak yang berasal dari bahan alami dan juga menjaga kebersihannya. Dalam meningkatkan selera makan anak anda maka anda dapat membuat menu yang bervariatif tanpa menghilangkan gizi yang dibutuhkan setiap harinya.

o   Membiasakan Olahraga Dengan Rutin

   Tubuh yang selalu aktif akan membuat sistem kekebalan tubuh. Begitu juga dengan anda yang senantiasa mengajak anda untuk memilih olahraga rutin sehingga memiliki sistem kekebalan tubuh. Menjaga tubuh sehat dan terhindar dari kelebihan berat badan.
Olahraga teratur seperti berenang dan bersepada selama 30 menit minimal 3 kali seminggu. Paling baik jika dapat dilakukan setiap hari. Dengan menjaga kebiasaan tersebut sehingga akan mampu dalam mempertahankan pola hidup sehat sampai usia dewasa.

o   Istirahat Yang Cukup

   Aktivitas fisik harus diimbangi dengan istirahat yang cukup. Anak-anak harus cukup tidur minimal 8 jam per hari. Jika diperlukan, dapat istirahat selama 1-2 jam pada siang hari. Orangtua perlu menerapkan waktu tidur anak Anda sehingga menjadi sebuah kebiasan. Istirahat sangat penting untuk mengembalikan fungsi sel-sel tubuh setelah anak anda melakukan akivitas. Apabila tidak disertai dengan istirahat yang cukup maka dikhawatirkan akan mengakibatkan kekebalan tubuh menurun. Kondisi ini memudahkan kuman menyerang tubuh anak anda.

Dengan memperhatikan pola kehidupan sehat, maka anda telah memberikan kebiasaan terbaik untuk anak anda diusia selanjutnya.

mengingat anak anda masih dalam pengawasan sehingga kehidupan yang terbaik berada dalam perawatan anda.
Semoga bermanfaat !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar